Sunday, May 22, 2011

Sejarah Merpati Pos


Merpati telah banyak diceritakan dalam berbagai kitab suci agama-agama didunia, termasuk didalam Al-Qur'an, Injil (sepengetahuan penulis), mungkin juga didalam kitab-kitab suci dari agama lainnya. Bangsa Romawi telah menggunakan burung merpati sejak 2000 tahun yang lalu. Merpati adalah burung peliharaan tertua didunia. Pendahulu dari merpati pos moderen adalah burung merpati yang dikembangbiakkan untuk kemampuan pulang ke kandang mereka, terutama untuk membawa pesan. Sampai saat ini "Merpati Pos" ada di seluruh dunia dan telah digunakan, terutama digunakan dalam militer dan olahraga merpati pos (komunitas penghobi merpati yang ada hampir diseluruh negara), banyak yang masih menggunakannya hingga saat ini. Merpati Pos moderen ini berasal dari Belgia pada pertengahan abad ke-19.

Olahraga Merpati Pos saat ini banyak menggunakan teknologi moderen juga. Dengan adanya kendaraan roda dua dan roda empat serta sarana transportasi lainnya membuat merpati pos dapat dikirim ke tempat-tempat yang lebih jauh dengan cepat dengan biaya yang murah. Selain itu sarana transportasi tersebut telah dapat dijumpai dengan mudah dimana saja. Jam khusus dengan waktu yang akurat digunakan untuk olahraga merpati pos. Jam ini dibuat dengan ketepatan khusus di mana dapat menghitung kecepatan merpati pos untuk pulang ke kandang, dalam latihan atau perlombaan merpati pos. Ketika pelaksanaan perlombaan, jam mencatat waktu dan juga menempatkan ketepatan waktu yang hanya bisa dilihat oleh panitia pelaksana perlombaan merpati pos.

Pentingnya merpati pos pada abad-abad sebelum zaman komunikasi canggih saat ini, seperti penggunaan telegram atau telepon, sering tidak diakui. Namun Reuters News Agency, penyedia informasi terbesar di dunia, pernah menggunakan merpati untuk membawa harga penutupan saham di Belgia dan Jerman, yang berada pada ujung Barat dan Timur di benua Eropa. Juga penggunaan merpati pos oleh Nathan Rothschild Financier untuk mendapatkan berita sebelum kekalahan tak terduga Napoleon di Waterloo, diperkirakan telah membuat keuntungan yang di pasar obligasi saat itu.
Sungguh luar biasa peran merpati pos ini dalam percaturan dunia saat itu, bahkan amerika pernah dibantu oleh seekor merpati pos yang bernama "MOCKER" pada Perang Dunia pertama, mocker membawa berita posisi tempat meriam musuh yang memborbardir pasukan Amerika Serikat, walaupun matanya terluka, tapi mocker masih mampu menyampaikan berita sehingga dalam waktu yang singkat setelah menerima berita dari mocker, posisi meriam musuh dapat dihancurkan oleh pasukan Amerika Serikat. Mocker wafat pada umur 20 tahun, dan telah dikebumikan dengan upacara kebesaran militer, karena jasa-jasanya yang sangat besar kepada negara Amerika Serikat.

(gambar : salah satu merpati yang dimiliki penulis)

artikel dan gambar ini boleh dipublikasikan kembali dengan mencantumkan asal artikel, dari blog http://racinghomer-pigeon.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Share it