Ciri-Ciri Merpati Pos Yang Baik

Secara umum dapat dikatakan bahwa merpati pos yang baik adalah yang bentuk tubuhnya ramping dan langsing, dengan otot sayap yang kuat serta memiliki dada yang bidang. Mengenai bentuk sayap, pilihlah burung dengan bentuk sayap yang bagus, besar dan elegan.
Pilihlah merpati pos yang memiliki warna mata jernih dan bersih Hal ini sangat penting diperhatikan, karena warna mata yang jernih dan bersih banyak berperan pada saat merpati pos terbang. Pengalaman saya pribadi mata yang jernih dan bersih memudahkan pandangan merpati pos sewaktu kita lepaskan dari ketinggian udara, sewaktu akan kembali ke kandang kita.
Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bentuk kepala, kepala merpati pos yang baik adalah yang berbentuk aerodinamis, seperti bentuk kepala pesawat tempur, ini juga sangat berperan pada saat merpati pos terbang memudahkan angin yang harus dilawan merpati pos saat di udara.
Hal lain yang juga merupakan ciri baik dari seekor merpati pos adalah homing instink dari burung tersebut, seekor burung yang memiliki homing instink yang baik, biasanya agak sedikit liar, walaupun kepada pemilik yang biasa memberi makan merpati pos tersebut. Hal tersebut dapat dilihat pada saat kita memegang merpati pos tersebut maka ada gerakan-gerakan untuk membebaskan diri dari pegangan tangan kita.
Merpati pos yang baik tidak akan pernah betah ditempat lain, jika kita membeli merpati pos yang bukan berasal dari kandang kita, tapi setelah sekian lama dipelihara kemudian dilepas tidak mau lari ketempat kandang asalnya, maka merpati tersebut sangat layak untuk dibuang. Jangan pernah mengembangbiakkan merpati pos seperti ini. Karena hanya menghabiskan waktu dan uang. Pilihlah merpati pos yang memiliki homing instink yang baik.

Comments

  1. Merpati ini kurang bgs,kurang buntek,agak bongsor postur tubuhnya,terus ujung sayap kanan kiri,harus sama dng ujung ekor,body raping,mata banyak macem,ada yg merah,cokelat ,hitam,kuning,oren,belang(Linglang)putih(mata ikan/mata pindang)terus liat dari tebal pendek lancip.kerapatan sayap,jga perlu,biasanya yg mata merah lebih berengang liar.hitam jga bgs,

    ReplyDelete
  2. Aq punya merpati pos 2 pasang umur 3bulan mata orange ! Tubuh langsing dan tinggi.klo terbang kenceng wusssst , tinggi bangeeeeeet terbang nya! Q beli nya piyik 80.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli piyik daerah jakarta dimana gan? thx

      Delete
  3. Beli anakan pos yg bagus, seputaran jogja dimana ya gan?

    ReplyDelete
  4. siapa punya piyik merpati pos, bisakah dikirim ke tangerang

    ReplyDelete
  5. siapa punya piyik merpati pos, bisakah dikirim ke tangerang

    ReplyDelete
  6. Kurang setuju dengan artikel di atas. Secara katuranggan, gambar yang di tampilkan juga kurang memenuhi standard merpati pos ( menurut saya )

    ReplyDelete
  7. Saya mao piyikan pos murah saya di cileduk tangerang

    ReplyDelete
  8. Komennya beragam, saling melengkapi.

    ReplyDelete
  9. Merpati pos racing anakan masih muda milik saya banyak yang mati, gejalanya hilang keseimbangan /vertigo parah.
    Tolong bantu penyebabnya Apa?
    Bagaimana pengobatannya. ?

    ReplyDelete
  10. Sya punya merpati pos racing total 120 ekor bila berminat bisa kontak 0821 31810836

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

History of Racing Homer Pigeon

Gambar - gambar Merpati Pos